Membiasakan Diri Disiplin Berolahraga

Saturday, February 20, 2010

Teringat dimasa sekolah dulu dimana jadual olah raga selalu ada di tiap minggunya dan merupakan kewajiban yang harus di ikuti karena termasuk di dalam salah satu mata perlajaran. Seiring dengan berjalannya waktu dan karena terlalu sibuk, waktu untuk berolahraga menjadi berkurang sehingga jadual yang semula ada tidak berjalan sebagaimana mestinya. Padahal dengan berolahraga akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan segar, sebagaimana istilah yang pernah ku dengar "didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula".


Studi gabungan yang dilakukan beberapa peneliti dari University of Western Ontario, University of Alberta, dan Brock University, menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, rutinitas berolahraga mengalami penurunan. Penelitian terhadap 68 orang yang masih "amatir" dalam berolahraga menemukan bahwa motivasi untuk meningkatkan frekuensi latihan cenderung meningkat pada periode 6 minggu pertama, kemudian 6 minggu sesudahnya akan mengalami penurunan. Sementara pada mereka yang tidak begitu ambisius dan memilih mempertahankan frekuensi yang telah ditekuni, tidak ditemukan penurunan yang berarti. Karenanya, agar tetap bersemangat ada sedikit tips yang bisa dilakukan yaitu :
  • Bayangkan tubuh kita akan jadi lebih kencang dan sehat dengan berolahraga.
  • Percayalah, dengan berolahraga, kita lebih bersemangat dan stres menjadi berkurang.
  • Yakinlah, kita bisa melakukan rutinitas olahraga dengan baik seperti melakukan jenis latihan mulai dari kelas aerobik, bersepeda, hingga angkat beban dan lain sebagainya.
  • Bayangkan jika umur kita sudah diatas 50 tahun apakah masih bisa berjalan dengan baik atau tidak.
  • Berfikir bijak untuk berpola hidup sehat
Jadi dengan berolahraga banyak manfaat yang bisa kita ambil salah satunya yaitu kesehatan pada tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Sumber : Kompas.com (http://nasional.kompas.com/read/2009/04/26/13583740/tetap.semangat.untuk.olahrag)

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Review Digital Info All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.