Bahasa Batuk dan Rahasianya (1)

Saturday, January 9, 2010

batuk terusTerdengar batuk yang menderu yang datang dari tetangga sebelah, maklum rumah yang aku tempati adalah kawasan perumahan dengan type “RSS”. Suara batuknya begitu sangat menyiksa, dan setelah kami datangi katanya tenggorokannya begitu gatal dan disertai dahak yang sulit di keluarkan, dan karena sudah malam maka solusi yang ada adalah membeli obat batuk di toko obat terdekat. Setelah minum obat batukpun mulai reda namun selang beberapa waktu batukpun datang lagi. Itu tadi hanya salah satu contoh dari beraneka ragam jenis batuk dimana dijaman sekarang sudah banyak sekali obat batuk yang beredar di pasaran, namun alangkah baiknya bila terserang batuk seperti cerita diatas mendatangi dokter terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Untuk mengenal beberapa jenis batuk “republican online” mendapatkan sebuah majalah yang membahas tentang beberapa jenis batuk, dimana batuk merupakan bagian yang integral dari proses fisiologis untuk melindungi sistem tubuh dari benda-benda asing. Bahasa batuk ternyata memiliki keunikan sampai-sampai para dokter harus menjalani tahapan untuk mengenal anekaragam bunyi batuk, sehingga analisa yang dihasilkan bisa tepat untuk menentukan langkah yang sesuai untuk penderita batuk.

Batuk merupakan simptom umum dari begitu banyak penyakit sehingga sulit di ketahui darimana asalnya. Seperti batuk produktif yang menghasilkan banyak dahak misalnya, biasanya hal tersebut terjadi karena alergi dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Untuk batuk nonproduktif atau batuk kering, hal tersebut biasanya terjadi karena adanya indikasi dari seseorang yang terindikasi asma atau penyakit acid reflux.

Lama batuk yang menyerang biasanya dapat sembuh dalam jangka waktu beberapa hari sampai dengan dua mingguan, namun dalam kasus tertentu sekitar % batuk bisa menyebabkan kronik. Memeriksakan diri ke dokter merupakan langkah yang dianjurkan apabila batuk yang di derita sudah lebih dari delapan minggu, karena untuk mendiagnosa batuk yang kita derita tidak bisa dilakukan secara asal-asalan sebab kita tidak bisa mengetahui secara persis dari bagian mana batuk itu berasal bila tanpa alat bantu (stetoskop).

Selanjutnya : Bahasa Batuk dan Rahasianya (2)
Sumber : Aura Edisi 05 /Th.XIII / Minggu ke-3 / Februari 2009
Picture : Google Search

2 comments:

Sohra Rusdi said...

wah ternyata batuk juga punya rahasia bahasa

Unknown said...

Terdapat juga alternatif perubatan untuk batuk seperti herba dan sebagainya. Kalau kita rajin meneliti petua orang2 tua,sebelum ke doktor,gunakan dulu 'home remedy'yang mudah dan murah.Orang Melayu dan Indonesia kaya dengan perubatan alternatif sebagaimana juga bangsa Asia yang lain. Terima kasih berkongsi cerita.Article yang menarik.

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Review Digital Info All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.